WABAH COVID -19 DALAM PERPEKTIF ESKATOLOGIA PAULUS

Authors

  • Marlon Butarbutar STT Ebenhaezer Tanjung Enim

DOI:

https://doi.org/10.47154/scripta.v9i1.113

Keywords:

Wabah, Covid 19, Perspektif, Paulus

Abstract

ABSTRAK

Wabah covid -19 telah menjadi pandemic di hampir semua negara di dunia. Pandemi ini membuat para ilmuwan berpikir keras mencari penyebab adanya virus tersebut dan sekaligus berjuang hingga kini menemukan obat dan vaksin yang tepat. Pandemic ini telah menimbulkan kepanikan di masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Karena kemunculan virus ini sangat berbahaya dan bisa mematikan serta penyebarannya yang cepat, membuat orang menyangka bahwa virus ini adalah semacam hukuman Tuhan atas manusia, bahkan ada juga yang bertanya apakah virus ini bagian dari tanda-tanda bahwa akhir zaman sudah tiba. Kepanikan ini membuat para pemimpin agama tidak mudah untuk menjawab pertanyaan dan menanggapi berbagai pernyataan yang liar. Karenanya penulis ikut bersumbangsih melihat covid 19 ini dalam perspektif eskatologi Paulus. Penulis akan menggunakan metode deskriptif untuk memberi gambaran mengenai covid ini dan memberi penjabaran secara teologis hasil dari penelusuran terhadap teks-teks tulisan Paulus mengenai akhir zaman, yang tentunya mengkaitkannya dengan peristiwa covid yang sedang melanda dunia. Tulisan ini akan memberi gambaran apakah memang Paulus juga memberi gambaran tentang akhir zaman yang ada kaitannya dengan penderitaan yang dialami manusia akibat penyakit dll. Atau sesungguhnya keberadaan covid hanyalah penyakit sampar biasa yang tidak berkaitan dengan akhir zaman. Karenanya melalui penelusuran dan penafsiran terhadap teks-teks yang berkaitan dengan akhir zaman, maka penulis akan menguraikan hubungan antara keberadaan covid ini dengan eskatologi menurut tulisan Paulus.

 

ABSTRACT

_______________________________________________________________

The COVID-19 outbreak has become a pandemic in almost all countries in the world. This pandemic has made scientists think hard to find the cause of the virus and have struggled to find the right medicine and vaccine. This pandemic has caused panic in the world community, including Indonesia. Because the appearance of this virus is very dangerous and can be deadly as well as its rapid spread, people think that this virus has been activated by God on humans, some even ask whether this virus is part of the signs that the end of time has arrived. This panic makes it difficult for religious leaders to answer questions and statements that are liars. Therefore the authors share in seeing Covid 19 from the perspective of Paul's eschatology. The author will use a descriptive method to provide an overview of covid and provide a theological explanation of the results of tracing Paul's writings regarding the end of time, which of course relates it to the covid events that are hitting the world. This paper will give an idea of ??whether Paul also gave a picture of the end times which is related to human suffering due to disease etc. Or the existence of covid is just an ordinary pestilence that has nothing to do with the end times. Because of the investigation and interpretation of texts relating to the end of time, the author will describe the relationship between the existence of covid and eschatology according to Paul's writings.

References

Pane, “Virus Corona.”

Fasya, “Covid-19 Dan Dekonstruksi Teologis.”

Worldometers, “Coronavirus.”

Douglas, Ensiklopedia Alkitab Masa Kini.

Beyer, Garis-Garis Besar Eskataologi Dalam Perjanjian Baru.

Wijaya, “Kekhasan Eskatologi Paulus.”

Lukman Ali, Kbbi.

Browning, Kamus Alkitab Terjemahan.

Piper, Jadikan Semua Bangsa Bersukacita.

Arthur, The Power Of Suffering.

Preiffer, Charles F., The Wycliffe Bible Commentary.

Criswell, Apa Yang Membuat Seseorang Menjadi Pemenang.

Ryre, Teologia Dasar 1.

Published

2020-05-28

How to Cite

Butarbutar, M. (2020). WABAH COVID -19 DALAM PERPEKTIF ESKATOLOGIA PAULUS. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 9(1), 72-90. https://doi.org/10.47154/scripta.v9i1.113