Karakter Guru Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Efesus 4:1-2

Authors

  • Elfrida Siringo ringo STT Anugerah Sinagoge Medan

DOI:

https://doi.org/10.47154/scripta.v13i1.159

Keywords:

Karakter Guru, Pendidikan Agama Kristen, Efesus 4: 1-2

Abstract

Karakter menjadi sangat penting dimiliki seorang guru Pendidikan Agama Kristen karena ini mencerminkan integritas pribadi yang mantap, kepribadian yang dewasa, berpikir positif, adil, jujur dan obyektif, berdisiplin dalam melaksananakan tugas, arif, berwibawa dan dapat menjadi teladan. Dalam kaitannya dengan tugas guru sebagai pendidik yang tidak hanya mentransferkan ilmu kepada peserta didik namun lebih daripada itu bisa menunjukkan kehidupan yang berkualitas. Spesifik dalam teks Efesus 4:1-2, guru harus menyadari panggilannya. Keterkaitan antara panggilan ilahi dan gaya hidup guru perlu untuk dipahami. Karakter atau gaya hidup merupakan respon terhadap karya Allah didalam hidup ini. Perwujudan dari panggilan itu tentu saja sangat beragam. Namun dalam konteks ini Rasul Paulus hanya menyoroti aspek sosial tentang bagaimana seharusnya berinteraksi dengan yang lain yakni dengan memiliki sikap yang rendah hati, lemah lembut dan sabar. Penelitian ini  menggunakan  metode  kualitatif,  dengan  melakukan tinjauan pustaka dari beberapa buku-buku, jurnal dan Alkitab yang berhubungan dengan karakter guru secara khusus dalam Surat Efesus 4:1-2 dengan menganalisa literatur yang ada sehingga dapat disimpulkan menjadi sebuah petunjuk bagi guru Pendidikan Agama Kristen masa kini.

References

Abineno, J.L. Ch., Tafsiran Alkitab Surat Efesus (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003)

B.S.Sidjabat, Strategi Pendidikan Kristen Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis (Jogjakarta: Andi, 1999)

E.Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)

Ernest Best, A Critical and Exegetical Commentary on Ephesians (Michigan: T&T Clark LTd, 1998)

Ferdinan K. Suawa, Memahami Gramatika Dasar Bahasa Yunani Koine (Bandung: Kalam Hidup, 2009)

Harrison, Everett F., Baker’s Dictionary of Theology (Grand Rapids: Zondervan Publishing House, 1987)

Ibrahim Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

J. W. Wenham, Bahasa Yunani Koine (Malang: SAAT, 1997)

Lidya Yulianti, Profesionalisme, Standar Kompetensi, Dan Pengembangan Profesi Guru PAK (Bandung: Bina Media Informasi, 2009)

Matthew Henry, Tafsiran Matthew Henry Injil Matius 1-14 (Surabaya: Momentum, 2007)

O.Gangel, Kenneth, Dipanggil Untuk Melayani "Memahami Dan Memenuhi Peran Anda Sebagai Seorang Pemimpin Di Dunia Pendidikan (Jakarta: ACSI, 2010)

Patzia, Arthur G., New International Biblical Commentary Ephesians, Collosians, Philemon (Massachusetts: Hendrickson Publisher, 1990)

Peter T. O’Brien, The Letter to the Ephesians (Michigan: Grand Rapids Zondervan Publishing House, 1999)

Sinclair B. Ferguson, Khotbah Di Bukit Cermin Kehidupan Sorgawi Di Tengah Dunia Berdosa (Surabaya: Momentum, 2010)

Stephen Tong, Seni Membentuk Karakter Kristen, ‘Hikmat Guru & Ayah Bunda’ (Surabaya: Momentum, 2010)

Tong, Stephen, Arsitek Jiwa II (Surabaya: Momentum, 2008)

William Barclay, Pemahaman Alkitab Setiap Hari “Efesus” (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1983)

William D. Mounce, The Analytical Lexicon to the Greek New Testament (Michigan: Grand Rapids Zondervan Publishing House, 1993)

Published

2022-05-28

How to Cite

Siringo ringo, E. (2022). Karakter Guru Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Efesus 4:1-2. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 13(1), 62-74. https://doi.org/10.47154/scripta.v13i1.159