Integrasi Theologi Sistematika bagi Pendidikan Anak Sekolah Minggu

Authors

  • Agustina Pasang STT Kadesi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47154/sjtpk.v19i1.814

Keywords:

Integration, Systematic theology, Sunday school children’s education

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan integrasi theologi sistematika bagi pendidikan anak sekolah minggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi integrative dan metode analisis isi. Berdasarkan metode kajian ini ditemukan bahwa integrasi theologi sistematika bagi pendidikan anak sekolah minggu memberikan landasan kerangka kerja yang koheren bagi pamahaman iman Kristen dengan menyusun berbagai topik teologis seperti Allah, manusia, dosa, keselamatan, eskatologi dan topik-topik lainnya ke dalam kurikulum Sekolah Minggu sehingga anak didik dapat memperoleh pandangan yang menyeluruh mengenai iman Kristen. Menolong guru sekolah minggu dalam mempersiapkan pengajaran yang efektif mengenai nilai-nilai kristiani sebagai fondasi pembentukan karakter anak serta mempersiapkan anak sebagai generasi penerus yang bertumbuh dalam iman dan pemahaman yang kokoh. Theologi sistematika bukan sekedar sebuah konsep abstrak tetapi juga relevan dalam pembentukan karakter dan pertumbuhan iman anak-anak Sekolah Minggu.

References

Anderson, Mavis L, Pola Mengajar Sekolah Minggu: Program Allah untuk Gereja, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1993

Angkow Semuel Rudy, Merry Teintang & Lena Anjarsari Sembiring, “Strategi Mengajar Guru Sekolah Minggu dalam Penataan Pertumbuhan Rohani Anak,” KHAMISYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, Vol. 1, No. 1 (2023): 28-39 https://ojs.sta-batu.ac.id/index.php/khamisyim/article/view/3

Bavinck, Herman, Dogmatika Reformed Jilid 1, Surabaya: Mometum 1200

Berkhof, Louis, Teologi Sistematika, Vol. 5, Doktrin Gereja, Jakarta: LRII, 2016

Boangmanalu, Flesia Nanda Uli, “Tantangan dan Strategi PAK Anak dalam Konteks Indonesia Masa Kini,” JUFTEK: Jurnal Filasafat dan Teologi Katolik, Vol. 6, No. 2, Januari (2023): 01-15 Boehlke, Robert R, Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek PAK dari Plato sampai Ig. Loyola, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994

Calvin, Yohanes, Institutio, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011

Christiani, Tabita Kartika, “Belajar dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani untuk Anak Melalui Sekolah Minggu,”

Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989

Ferianti, Yuli “Pentingnya Etika Kristen dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap Anak Sekolah Minggu sebagai Dasar Pembentukan Karakter,” Inculco: Journal of Christian Education, Vol. 1. No. 2 (2021): 1-14 https://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/download/19/10

Heeng, Go Et Al, “Perspektif Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pendidikan Progresivisme,” Real Didache: Journal Of Christian Education, Vol. 3, No. 1, Maret (2023); 49-62, https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache

Irene, Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Sekolah Minggu di Era Digital

https://www.ejournal-iakn-manado.ac.id/montessori/article/download

Kadarmanto, Ruth S, Tuntunlah ke Jalan yang Benar, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003 http://kom2/kursus/gsm/index.php?modul=pelajaran01

Kolibu, Dirk Roy, “Tantangan Pelayanan dalam Tugas Mengajar PAK: Kajian Teologis, Pedagogis Implementasi Pendidikan Agama Kristen sebagai Integari Iman dan Ilmu,” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2017

Krippendorff, K, “Reliability in Content Analysis: Some Common Misconception and Recommendations,” in Human Communication Research. (2014): 411-433; https://doi.org/10.1177/2158244014522633

Lautfer, Ruth, “Mengapa Mengajar Anak?” Pedoman Pelayan Anak, Batu, Malang: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia, 1993

Lumintang, Stevri I, Comprehensive and Integrated Systematic Theology: Diktat mengajar program Doctoral, Malang: I-3, 2014

Lumintang, Stevry I, Keunikan Theologia Kristen ditengah Kepalsuan, Batu Malang: YPPII, 2010

Lumintang, Stevri I & Danik Astuti Lumintang, Theologia Penelitian dan Penelitian Theologis: Science-Ascience serta Metodologinya, Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016

Lumintang, Stevri I, Theology the Queen of Science & The Master of Philosophy, (Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2015

Manggaprou, Pilipus, “Integrasi Theologia Sistematika secara Holistik,” Logon Zoes: Jurnal Teologi, 22-34, https://www.ejournal.stteriksontritt.ac.id/index.php/logon/article/download

McKim, Donald K. (ed), “The Cambridge Companion to John Calvin,” Calvin on Piety, Joel R. Beeke, Cambridge: University Press, 2004

Nelson, Chad & Robert H. Woods, R.H. Jr, “Content Analysis,” in The Routledge Handbook of Research Methods in the Study of Religion. edited by Michael Stausberg and Steven Engler, London: Routledge Taylor and Francis Group, (2011): 109-110

Pasang, Agustina, “Spiritualitas Menurut Yohanes Calvin dan Implikasinya bagi Pendidikan Warga Gereja di Era New Normal,” Peada: Jurnal Pendidikan Kristen, Volume 1, No 2, Desember 2020; (102- 115), http://peada.iakn-toraja.ac.id

Pasang, Agustina, “Mengapa Mengajar Anak: Pentingkah Sekolah Minggu?,” Materi Seminar Guru Sekolah Minggu, Jakarta: GMII Logos, Mei 2022

Pasang, Agustina, “Filsafat Pendidikan Alkitabiah sebagai Landasan Pendidikan Teologi,” Book Chapter Colloquium Didacticum, Yogyakarta: STT Kadesi, (2023), 1-2

Prabowo, Paulus Dimas & Hengki Wijaya, “Tren Penelitian Integrasi Teologi dan Psikologi di Indonesia: Systematic Literature Review,” Danum Pambelum: Jurnal Teologi dan Musik Gereja, Volume 3, Nomor 2, November (2023): 236-252, https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum

Randelele, Christian Eleyazar et al, “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif Interaktif bagi Generasi Alfa di Gereja Toraja,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, Volume 2, (2021): 8

Rey, Kevin Tonny, “Rancang Bangun Filsafat Pendidikan Kristen yang Bercirikan Injili-Pentakosta: Sebuah Kajian Aksiologis Pentakostalisme,” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan, Volume 2, No. 2 (2012); 34-101, https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/34

Sahertian, Marthen, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti, 1, no. 2 (2019): 108, https://doi,org/10.47131/jtb.v1i2.18

Samosir, Nettina & Mangatas Parhusip, “Menjadi Gereja yang Ramah Anak melalui Pelaynan Sekolah Minggu di GMI Aek Kanopan,” Majalah Ilmiah Methoda, Volume 12, Nomor 3, September (2022): 185-190, DOI: https://doi.org/10.46880/methoda.Vol12No3.pp185-190

Sele, Ricu dan Jepri Mei Anto, “Kontribuasi Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Orang Tua Kedua (Second Parents) dalam Menata Moral Peserta Didik,” CHARISTEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3, No 1 (2023): 116-128, https://e-jornal.ac.id/index.php/JCH/article/view/152.

Simanjuntak, J, Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen, Yogyakarta: ANDI, 2017

Simanjuntak, Michael & Andar Gunawan Pasaribu, “Integrasi Teologi dan Psikologi Agama Kristen (ITPAK): Sebuah Pendekatan Holistik Baru,” JCS: Journal of Comprehensive Science, Volume 3, Nomor 2 Februari (2024): 318-326, https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/615

Simanjuntak, Elista, “Implementasi Firman Tuhan dalam Mewujudkan Pendidikan Pluralisme bagi Sekolah Minggu: Sebuah Kajuan Pendidikan Agama Kristen,” Jurnal Shanan, Volume 7, No, 1, Maret (2023): 119-134, http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan

Siswoyo, Hadi, “Sekolah Minggu sebagai Sarana dalam Membentuk Iman dan Karakter Anak,” Sanctum Domine: Jurnal Teologi, https://www.journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/download

Stott, John W, Memahami Isi Alkitab, Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 1982

Supriadi, Made Nopen & Yohanes Dian Alpasa, “Pentingnya Pengajaran yang Benar bagi Generasi Z: Sebuah Kajian Integrasi Teologi dan Media Sosial,” Phonesis: Jurnal Teologi dan Misi, Volume 5, Nomor 1 Juni (2022): 42-55, https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/240

Syahada et al, “Problematika Peserta Didik dalam Pembelajaran dan Alternatif Solusi pada Peserta Didik di SDN Kowel 3,” PEMANTIK: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, Vol. 2, No,2 (September, 2022); 224-236, https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/5466/4209

Tabita, “Pendidikan Kristiani untuk Anak melalui Sekolah Minggu,” https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/download/pdf

Til, Cornelis Van, Pengantar Theologia Sistematika, Surabaya: Momentum, 2010

Wela, Margaret & Rinto Hutapea, “Manajemen Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kalimantan Evangelis Jemaat Kasih Merawan Lama,” Danum Pambelum: Jurnal Teologi dan Musik Gereja, Volume 2, Nomor 2, November (2022): 189-201, https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum

Widodo, James, “Konseling dalam Pelayanan Gereja Masa Kini,” http://www.mail.archive.com/ diakses 27 Mei 2024)

Published

2025-05-15

How to Cite

Pasang, A. (2025). Integrasi Theologi Sistematika bagi Pendidikan Anak Sekolah Minggu. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 15(1), 48-62. https://doi.org/10.47154/sjtpk.v19i1.814