Integrasi Theologi Sistematika bagi Pendidikan Anak Sekolah Minggu
DOI:
https://doi.org/10.47154/sjtpk.v19i1.814Keywords:
Integration, Systematic theology, Sunday school children’s educationAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menemukan integrasi theologi sistematika bagi pendidikan anak sekolah minggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi integrative dan metode analisis isi. Berdasarkan metode kajian ini ditemukan bahwa integrasi theologi sistematika bagi pendidikan anak sekolah minggu memberikan landasan kerangka kerja yang koheren bagi pamahaman iman Kristen dengan menyusun berbagai topik teologis seperti Allah, manusia, dosa, keselamatan, eskatologi dan topik-topik lainnya ke dalam kurikulum Sekolah Minggu sehingga anak didik dapat memperoleh pandangan yang menyeluruh mengenai iman Kristen. Menolong guru sekolah minggu dalam mempersiapkan pengajaran yang efektif mengenai nilai-nilai kristiani sebagai fondasi pembentukan karakter anak serta mempersiapkan anak sebagai generasi penerus yang bertumbuh dalam iman dan pemahaman yang kokoh. Theologi sistematika bukan sekedar sebuah konsep abstrak tetapi juga relevan dalam pembentukan karakter dan pertumbuhan iman anak-anak Sekolah Minggu.
References
Anderson, Mavis L, Pola Mengajar Sekolah Minggu: Program Allah untuk Gereja, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1993
Angkow Semuel Rudy, Merry Teintang & Lena Anjarsari Sembiring, “Strategi Mengajar Guru Sekolah Minggu dalam Penataan Pertumbuhan Rohani Anak,” KHAMISYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, Vol. 1, No. 1 (2023): 28-39 https://ojs.sta-batu.ac.id/index.php/khamisyim/article/view/3
Bavinck, Herman, Dogmatika Reformed Jilid 1, Surabaya: Mometum 1200
Berkhof, Louis, Teologi Sistematika, Vol. 5, Doktrin Gereja, Jakarta: LRII, 2016
Boangmanalu, Flesia Nanda Uli, “Tantangan dan Strategi PAK Anak dalam Konteks Indonesia Masa Kini,” JUFTEK: Jurnal Filasafat dan Teologi Katolik, Vol. 6, No. 2, Januari (2023): 01-15 Boehlke, Robert R, Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek PAK dari Plato sampai Ig. Loyola, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994
Calvin, Yohanes, Institutio, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011
Christiani, Tabita Kartika, “Belajar dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani untuk Anak Melalui Sekolah Minggu,”
Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Ferianti, Yuli “Pentingnya Etika Kristen dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap Anak Sekolah Minggu sebagai Dasar Pembentukan Karakter,” Inculco: Journal of Christian Education, Vol. 1. No. 2 (2021): 1-14 https://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/download/19/10
Heeng, Go Et Al, “Perspektif Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pendidikan Progresivisme,” Real Didache: Journal Of Christian Education, Vol. 3, No. 1, Maret (2023); 49-62, https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache
Irene, Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Sekolah Minggu di Era Digital
https://www.ejournal-iakn-manado.ac.id/montessori/article/download
Kadarmanto, Ruth S, Tuntunlah ke Jalan yang Benar, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003 http://kom2/kursus/gsm/index.php?modul=pelajaran01
Kolibu, Dirk Roy, “Tantangan Pelayanan dalam Tugas Mengajar PAK: Kajian Teologis, Pedagogis Implementasi Pendidikan Agama Kristen sebagai Integari Iman dan Ilmu,” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2017
Krippendorff, K, “Reliability in Content Analysis: Some Common Misconception and Recommendations,” in Human Communication Research. (2014): 411-433; https://doi.org/10.1177/2158244014522633
Lautfer, Ruth, “Mengapa Mengajar Anak?” Pedoman Pelayan Anak, Batu, Malang: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia, 1993
Lumintang, Stevri I, Comprehensive and Integrated Systematic Theology: Diktat mengajar program Doctoral, Malang: I-3, 2014
Lumintang, Stevry I, Keunikan Theologia Kristen ditengah Kepalsuan, Batu Malang: YPPII, 2010
Lumintang, Stevri I & Danik Astuti Lumintang, Theologia Penelitian dan Penelitian Theologis: Science-Ascience serta Metodologinya, Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016
Lumintang, Stevri I, Theology the Queen of Science & The Master of Philosophy, (Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2015
Manggaprou, Pilipus, “Integrasi Theologia Sistematika secara Holistik,” Logon Zoes: Jurnal Teologi, 22-34, https://www.ejournal.stteriksontritt.ac.id/index.php/logon/article/download
McKim, Donald K. (ed), “The Cambridge Companion to John Calvin,” Calvin on Piety, Joel R. Beeke, Cambridge: University Press, 2004
Nelson, Chad & Robert H. Woods, R.H. Jr, “Content Analysis,” in The Routledge Handbook of Research Methods in the Study of Religion. edited by Michael Stausberg and Steven Engler, London: Routledge Taylor and Francis Group, (2011): 109-110
Pasang, Agustina, “Spiritualitas Menurut Yohanes Calvin dan Implikasinya bagi Pendidikan Warga Gereja di Era New Normal,” Peada: Jurnal Pendidikan Kristen, Volume 1, No 2, Desember 2020; (102- 115), http://peada.iakn-toraja.ac.id
Pasang, Agustina, “Mengapa Mengajar Anak: Pentingkah Sekolah Minggu?,” Materi Seminar Guru Sekolah Minggu, Jakarta: GMII Logos, Mei 2022
Pasang, Agustina, “Filsafat Pendidikan Alkitabiah sebagai Landasan Pendidikan Teologi,” Book Chapter Colloquium Didacticum, Yogyakarta: STT Kadesi, (2023), 1-2
Prabowo, Paulus Dimas & Hengki Wijaya, “Tren Penelitian Integrasi Teologi dan Psikologi di Indonesia: Systematic Literature Review,” Danum Pambelum: Jurnal Teologi dan Musik Gereja, Volume 3, Nomor 2, November (2023): 236-252, https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum
Randelele, Christian Eleyazar et al, “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif Interaktif bagi Generasi Alfa di Gereja Toraja,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, Volume 2, (2021): 8
Rey, Kevin Tonny, “Rancang Bangun Filsafat Pendidikan Kristen yang Bercirikan Injili-Pentakosta: Sebuah Kajian Aksiologis Pentakostalisme,” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan, Volume 2, No. 2 (2012); 34-101, https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/34
Sahertian, Marthen, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” Jurnal Teruna Bhakti, 1, no. 2 (2019): 108, https://doi,org/10.47131/jtb.v1i2.18
Samosir, Nettina & Mangatas Parhusip, “Menjadi Gereja yang Ramah Anak melalui Pelaynan Sekolah Minggu di GMI Aek Kanopan,” Majalah Ilmiah Methoda, Volume 12, Nomor 3, September (2022): 185-190, DOI: https://doi.org/10.46880/methoda.Vol12No3.pp185-190
Sele, Ricu dan Jepri Mei Anto, “Kontribuasi Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Orang Tua Kedua (Second Parents) dalam Menata Moral Peserta Didik,” CHARISTEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3, No 1 (2023): 116-128, https://e-jornal.ac.id/index.php/JCH/article/view/152.
Simanjuntak, J, Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen, Yogyakarta: ANDI, 2017
Simanjuntak, Michael & Andar Gunawan Pasaribu, “Integrasi Teologi dan Psikologi Agama Kristen (ITPAK): Sebuah Pendekatan Holistik Baru,” JCS: Journal of Comprehensive Science, Volume 3, Nomor 2 Februari (2024): 318-326, https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/615
Simanjuntak, Elista, “Implementasi Firman Tuhan dalam Mewujudkan Pendidikan Pluralisme bagi Sekolah Minggu: Sebuah Kajuan Pendidikan Agama Kristen,” Jurnal Shanan, Volume 7, No, 1, Maret (2023): 119-134, http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan
Siswoyo, Hadi, “Sekolah Minggu sebagai Sarana dalam Membentuk Iman dan Karakter Anak,” Sanctum Domine: Jurnal Teologi, https://www.journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/download
Stott, John W, Memahami Isi Alkitab, Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 1982
Supriadi, Made Nopen & Yohanes Dian Alpasa, “Pentingnya Pengajaran yang Benar bagi Generasi Z: Sebuah Kajian Integrasi Teologi dan Media Sosial,” Phonesis: Jurnal Teologi dan Misi, Volume 5, Nomor 1 Juni (2022): 42-55, https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/240
Syahada et al, “Problematika Peserta Didik dalam Pembelajaran dan Alternatif Solusi pada Peserta Didik di SDN Kowel 3,” PEMANTIK: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, Vol. 2, No,2 (September, 2022); 224-236, https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/5466/4209
Tabita, “Pendidikan Kristiani untuk Anak melalui Sekolah Minggu,” https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/download/pdf
Til, Cornelis Van, Pengantar Theologia Sistematika, Surabaya: Momentum, 2010
Wela, Margaret & Rinto Hutapea, “Manajemen Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kalimantan Evangelis Jemaat Kasih Merawan Lama,” Danum Pambelum: Jurnal Teologi dan Musik Gereja, Volume 2, Nomor 2, November (2022): 189-201, https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum
Widodo, James, “Konseling dalam Pelayanan Gereja Masa Kini,” http://www.mail.archive.com/ diakses 27 Mei 2024)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 15 Juli 2025

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SCRIPTURA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
















